W3LC0Me yA UkHti Wa Akhi

WelCoMe Ya UKHti wa AkHi

Sabtu, 19 Februari 2011

Pangan jadi sorotan

KOMPAS.com — Sorotan yang bakal muncul dalam pertemuan kelompok G20 adalah kenaikan harga pangan dan komoditas. Sebagaimana warta AP dan AFP pada Jumat (18/2/2011), pertemuan di Paris dihadiri oleh para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari kelompok negara-negara maju serta berkembang. Sejumlah pihak meminta G20 mengatasi inflasi akibat kenaikan harga pangan pokok dan bahan bakar.
Wakil Direktur Pelaksana 1 Dana Moneter Internasional John Lipsky mengatakan, G20 perlu mencari jalan guna menstabilkan harga. "Kini muncul kekhawatiran besar terkait dengan keguncangan harga sejumlah komoditas pokok, khususnya pangan," kata Lipsky.
Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, yang saat ini mengepalai G20, telah meminta para spekulan mengekang diri guna menekan kenaikan harga dan ketidakstabilan.
Sementara itu, lebih dari 100 organisasi Eropa dan internasional yang diketuai oleh Gerakan Pembangunan Dunia (WDM) telah menandatangani pernyataan yang berisi peringatan kepada G20 tentang hal yang dikatakan sebagai spekulasi tak terkontrol. "Dengan mengambil tindakan sekarang untuk memberantas spekulasi berlebihan terhadap pangan, para pemimpin G20 bisa menyelamatkan nyawa, mengurangi kelaparan kronis, dan mencegah kerusuhan sipil serta politik," kata Julian Oram.
Bank Dunia juga menyerukan agar pertemuan G20 kali ini membahas harga pangan. Bank Dunia dalam satu laporan mengatakan, melambungnya harga pangan telah menjadi faktor yang memperburuk kerusuhan di kawasan Timur Tengah meski tidak menjadi penyebab utama. Dalam laporannya, Bank Dunia mengatakan bahwa kenaikan harga pangan membuat 44 juta lagi warga jatuh miskin di seluruh dunia.
Inflasi karena kenaikan harga pangan pada 2008 menyulut kerusuhan di sejumlah negara. Saat itu Bank Dunia memperkirakan sebanyak 125 juta orang mengalami kemiskinan ekstre

Tidak ada komentar:

Posting Komentar